#bicarakopi

Conversations about me, coffee dan past.

Music : Sibylle Baier
Assignment for : @bicarakopi
#coffee #mood #coffeeshop #bicarakopi

17💬

Alunan nada dari @rumahsakitband ini semoga dapat mengantar sobat kopi untuk beristirahat.
Selamat malam.
#duniawi #besokharisenin #audiospectrum #bicarakopi

4💬

Secangkir Inspirasi (6)

Senja beranjak dengan secangkir kopi hangat.
Meluruhkan cinta yang menyengat.
Terseduh rindu pun meluruh.
Terendapkan rasa yang terbagi antara kita.
Aku engkau dan cinta.

Un&1
18/2/18

#kemenkeumuda
#komunitassastrakemenkeu #kemenkeu
#kopidarat
#puisi #puisipendek #sajak #poetry #poem #word #words #inspirasi #puisisederhana #quote #quotes #kopi #coffee #puisikopi #inspirasikopi #barista #philosophykopi #bicarakopi # jakarta #ancol

0💬

Loading...

"Ketika sebuah keindahan berjalan sejalan dengan kenikmatan"
'Happy sunday'
.
.
.
#maringopi
#bicarakopi

0💬

@diskaz.kedaipekerja adalah tempat yang tepat bagi kalian yang ingin ngopi sambil menggali ilmu tentang sosial politik. Memanfaatkan kopi sebagai media, kedai kopi yang dipunggawai oleh beberapa aktivis dan peneliti ini sering mengadakan diskusi terbuka, bedah buku, dan pemaparan penelitian.
.
Diskaz ingin memunculkan kembali kultur interaksi sosial yang mulai memudar di kedai kopi. Industri kopi yang dekat dengan praktik pekerja menjadi perhatian khusus bagi Diskaz untuk mengupas budaya kopi dari segi sosial dan humanisme.
.
Cobalah sesekali mengunjungi Diskaz, kalian akan mendapat ilmu baru sekaligus kopi enak. Untuk menu kopi, silahkan cicipi kopi pekerja khas Diskaz yang bakal buat kamu melek seharian.
.
Sobat kopi berapa banyak yang suka strong coffee?
#diskazlaborhouse #lokasikopi #bicarakopi

0💬

"Cinta itu ibarat kopi tubruk, kalo baru diaduk jangan buru-buru diminum, Pahit." ujar kakek tua.
"tunggu si ampas turun,,, baru kalau mau disruput. Sama halnya dengan Cinta, pasti ada saatnya." tambahnya.
"dan yang paling nikmatnya kopi tubruk itu di sruputan terakhirnya, sampe-sampe kita rela miringin gelas biar nggak nyrempet ampasnya, begitu pula Cinta, terasa begitu indah kalau kita bisa pertahankan sampai akhir hayat kita." pungkasnya pada sang cucu.
.
.
"aaahhhhh, bisa ajaaa." sahut sang nenek.. 😂😂
.
.
#bicarakopi #filosofikopi #kopinusantara #kopihitam #java #coffee #coffeestory #kopiindonesia #ottencoffee #coffenatics #philosophycoffee #philocoffee #javacoffee

0💬

Loading...

Secara kronologis,Imigran Turki yang membawa kedai kopi pertama masuk Eropa dimulai dari Venesia (1645), London (1652), Marseilles (1659), Amsterdam (1663), Paris (1675), Hamburg (1679), dan Vienna (1683).
.
Kahva Kanes adalah sebutan kedai kopi orang Turki yang memiliki ruang –ruang luas dan mewah dihiasi karpet ala Turki. Kedai Kopi ini cepat populer dan menyebar membawa gaya hidup baru bagi masyarakat urban di Eropa.
.
Minum kopi di kedai ala Turki klasik jadi salah satu impian kami, mungkin sobat kopi ada yang pernah mencoba?
#sejarahkopi #kopipedia #bicarakopi

0💬

Sudah minum kopi kan?
Berasa lho aura “mengagumkan” sobat kopi terpancar!
#coffeeamplifyawesomeness #quotesoftheday #bicarakopi

0💬

Bertajuk KROMA KLASS, ialah kelas mingguan yang selalu diadakan di kedai mungil ini. Kelas ini bertemakan seputar kerajinan seni kriya dan grafis. Setiap minggunya akan ada kelas-kelas berbeda. Mulai dari kelas membuat aroma terapi, merangkai bunga, merajut, melukis, dan masih banyak lagi ide-ide liar yang ada di kelas ini.
.
Untuk mencoba hal baru di luar batas kereativitas yang tak pernah terpikirkan, Kroma Klass adalah jawabannya. Kelas ini bisa kalian jadikan ranah kreativitas diri untuk meningkatkan produktivitas selaku insan metropolitan.
.
Sobat kopi ada yang berminat berpartisipasi dalam kegiatan ini?
Sila menghubungi @kroma.id untuk informasi lebih lengkap.
Foto: kroma.id
#kromaklass #senikriya #senigrafis #kopipedia #bicarakopi

2💬

Loading...

Perjalanan menelusuri lorong Pasar Santa mengantar kami #nyobainkopi di @jinggatokokopi . Di tempat ini mereka memiliki kopi Flores Poco Mbohang. Kopi ini cukup langka dipasaran sehingga kami tertarik untuk mengulas kopi ini.
.
Dialah @widhoprasetyo , juru seduh kopi Flores Poco Mbohang proses full wash hasil sangrai pribadi. Alat seduh yang digunakan adalah Kono Meimon Dripper yang sengaja dipilih agar mengeluarkan rasa asam.
.
Wangi caramel mengawali kopi manis ini sebelum diminum. Benar saja rasa asam buah jeruk (citrus) terasa menyegarkan. Kombinasi tekstur tebal khas Kopi Jing’ga dan manis gula aren di akhir sesapan menyempurnakan sore hari kami.
#bicarakopi #nyobainkopi #florespocombohang #konomeimon

7💬

Loading...

Untuk bahagia itu tidak lah sulit di bikin simpel aja nikmati alur ya aja😊😊😊 #kopilagi
#kopimalam
#bicarakopi

0💬

Loading...

Program berjenjang Specialty Coffee Association of America (SCAA) dirancang khusus sebagai ‘platform’ pelatihan untuk mempelajari pengetahuan tentang kopi yang ‘up to date’, menambah pengalaman, mengasah kemampuan dan memperluas jaringan di industri kopi spesial. Program ini membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berkarier di industri kopi, baik sebagai barista, coffee roaster maupun Q grader.
.
Caswell’s Coffee membuka kelas pelatihan seperti pengenalan Q Grader (Pre Q) dan sertifikasi Q Grader dengan tujuan peserta mampu melakukan penilaian kualitas kopi, mengidentifikasi karakter kopi, mendeteksi cacat pada kopi, dan mengomunikasikan karakter kopi sesuai dasar terminologi industri. Peserta mempelajari dan mengevaluasi kopi berdasarkan komponen penilaian, seperti rasa (flavour), aroma, tingkat keasaman (acidity), tingkat manis (sweetness), tekstur (body), dan kesan tinggal (aftertaste). Selain Caswell’s Coffee, 5758 Coffee Lab Bandung juga terakreditasi sebagai penyelenggara program khusus tersebut.
.
Foto: boncafe.com
.
Siapa tau ada yang berminat jadi tukang icip kopi profesional, ya gak?

#coffeecampus #qgrader #rgrader #kopipedia #bicarakopi

3💬

Cerita bermula dari perjalanan @egoprayogo63 ke Nusa Tenggara Timur. Ketika kembali pulang, ia terkendala dana yang ternyata sudah menipis lebih cepat dari perkiraan, perjalanannya pun terhenti. Ego mencoba bertahan hidup di Bali dengan membantu salah satu kedai kopi di daerah Kuta selama dua bulan. Pada momen ini, ia mulai sedikit demi sedikit mencari tahu tentang kopi. Merasa tertarik dengan budaya ngopi di Indonesia, Ego memutuskan untuk angkat kaki dari Bali dan mulai berkeliling Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.
.
Selama rantauannya di pulau Jawa, Ego sesekali dibuat takjub dengan budaya ngopi di tanah Jawa. Hal yang berkesan adalah ketika ia berada di Lumajang. Di sana ia menemukan kedai kopi berukuran kecil, namun menjadi pusat berkumpulnya masyarakat Lumajang. “kedai ini ibarat pusat berkumpulnya masyarakat lumajang. Mau cari siapa aja gampang, tinggal ke kedai ini, pasti ketemu.” Lanjut mahasiswa jurusan hukum ini. Ego merasa kopi begitu dekat dengan interaksi sosial dan budaya di Indonesia. Kegiatan apapun pasti selalu ditemani secangkir kopi.
.
Buah perjalanan Panjang Ego mengantarnya ke muara bisnis. Keinginannya untuk mengenalkan kopi yang baik kepada masyrakat luas tersalurkan dengan gerobak vespanya. Menjajakan dagangan, menyapa pelanggan, dan menawarkan canda tawa menjadi ciri kedai yang ia besarkan di sebuah lahan parkir pertokoan, Kedai Kopi Guyon.
.
#komunitas #kopiniti #bicarakopi

12💬

Senandung dari @fourtwntymusic ini pas banget untuk teman bersantai kopi dilong-weekend ini.
#fanamerahjambu #fourtwnty #audiospectrum #bicarakopi

0💬

Loading...

Kutuangkan rinduku kedalam secangkir kopi, kelak jika ku tak sanggup menahannya lagi, kuharap pahit kopi bisa menjadi ganti.
#inspirasikopi #coffeaddict #maringopi #bicarakopi #udangopibelom #diemdiembae #balkoncoffeeshop #inisiall

1💬

@tebalikkopi punya kopi andalan dengan resep tradisional. Pertama adalah kopi sanger, minuman kopi susu ini berbeda dengan café latte. Kopi sanger dibuat dengan bubuk kopi yang direbus kemudian dicampur dengan susu kental manis dan gula. Menu kedua ada kopi terbalik, kopi tubruk yang disajikan dengan gelas terbalik di atas tatakannya. Selain minuman, Tebalik Kopi juga memiliki menu camilan khas Melayu, seperti roti canai.
.
Di lantai dua Tebalik Kopi terdapat meja billiard yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Sambil ngopi-ngopi santai lanjut main billiard dijamin deh hari-hari kalian makin lengkap dan asyik.
.
Kalian yang masih bingung menentukan tempat untuk ngopi di malam minggu, boleh mampir ke sini.
.
#tempatngopi #lokasikopi #jakarta #bicarakopi

0💬

Hari ini cuaca Jakarta lagi mendukung banget buat hangout. Nah kalian yang sudah punya rencana mengisi liburan dengan pergi atau berleha-leha di rumah, kita punya potongan lagu asik karya @tulusm , jangan lupa ngopi yaa.
.
#audiospectrum #tulus #diorama #bicarakopi

0💬

Menikmati kopi sambil di iringi music @fourtwntymusic kopi banyak memberi ispirasi ketimbang kamu hanya memberikan imajinasi, sensasi, dan harapan tak pasti.
#bicarakopi #fourtwnty #komunitaskopinusantara

0💬

Hadirnya Harapan Djaya tentu membuka harapan baru untuk para penggemar kopi di Indonesia. Di sini kalian bisa mengasah kemampuan menyangrai kopi untuk sekedar memenuhi kebutuhan kopi di rumah atau di kedai. Kalian juga bisa mendalami teknik sangrai kopi dengan mengikuti kelas singkat yang didampingi instruktur berkompeten.
.
Berbagai pilihan paket sangrai kopi juga tersedia di sini. Mulai dari kursus sangrai kopi hingga sekedar menjajal mesin Bullet R-1 kapasitas satu kilogram ini juga boleh. Kalian dapat memilih sesuka hati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Untuk mendaftarkan diri bisa datang langsung ke kedai kopi Harapan Djaya atau mengirimkan surel. Selamat mencoba pengalaman baru teman-teman.
.
Ada yang penasaran untuk mencoba sangrai kopi? Sila merapat ke @harapandjaya ya sobat.
.
#coroastingspace #harapandjaya #tempatngopi #lokasikopi #bicarakopi

2💬

Kopi tidak pernah bohong dengan rasa yg pernah ada, kopi selalu jujur dengan memiliki rasa asam dan pahit disetiap “tegukannya” namun dibalik rasa asam dan pahitnya kopi selalu ada kenikmatan rasa dan aroma berbeda..
.
.
.
#chemex #acehgayo #arabica #manualbrew #singleorigin #coffee #bicarakopi #filosofikopi #coffeadict

5💬

Begitu deh kalo abu-abu, kadang bikin sendu. Mending kaya kopi, biar hitam tapi pasti, enak pula.
.
Tag temen kalian yang sampe sekarang belum juga dikasih kepastian !!!
Kali aja bisa ngopi bareng gitu. Selamat ngopi semua.
.
#quotesoftheday #coffeequotes #bicarakopi

8💬

Jumpa Perdana Para Peramu Kata.

Kopi menemani hingga hari berdetak terlalu dini.
Bincang inspirasi dalam makna penuh diksi.
Ini bukan tentang kami atau sepenggal sore di Taman Ismail Marzuki.

Ada hangat yang menyala ketika rasa dipertemukan kata.
Ada akrab yang merayap ketika bincang berujung senyap.

Para peramu kata Nagara Dana Rakca.
Sejiwa dalam kesamaan satu locus kerja.
Memaknai kerja tidak sebatas karya, namun rasa dan rahsa yang menggelora.

Berbagi sore di temani secangkir kopi dan sepotong roti.
Canda dan inspirasi menu utama yang rekatkan emosi
hingga akhirnya berpisah di ujung hari.
Tersimpan memori dalan lipatan benak tanpa sekat dan sisi.

Un&1
17/2/18

#kemenkeumuda
#ksk
#komunitassastrakemenkeu #kemenkeu
#kopidarat
#puisi #puisipendek #sajak #poetry #poem #word #words #inspirasi #puisisederhana #quote #quotes #kopi #coffee #inspirasikopi #barista #philosophykopi #bicarakopi

9💬

Komunitas Sastra Kemenkeu:
Kopdar 1 - 16/02/18
Taman Ismail Marzuki (13-17)

Masih susah move on dari kopi darat istimewa hari ini! 😍

Berawal dari November tahun lalu, saat tiba-tiba saya dicemplungkan ke grup WA Komunitas Sastra Kemenkeu (KSK), opo ikiiii?! 😝

Sejak itu, hampir tiap hari kami produktif buat puisi, termasuk saya yang ternyata terakhir berpuisi 14 tahun yang lalu, tahun 2003, saat satu puisi saya menjadi juara satu di lomba puisi Sastra Univ Bina Nusantara.

Dari sekadar tumpah rasa, riuh gembira, hingga berbagi mimpi, celoteh bercerita, akhirnya kami beranikan diri bertemu jua!

Sesuai nama grupnya, anggota WAG ini adalah pegawai lintas instansi namun semua masih di bawah institusi Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Maka pertemuan embrionik sore hari ini cukup terwakili dan lengkap rasanya, mulai dari Ditjen Bea Cukai, Anggaran, Perbendaharaan, Pajak hingga Inspektorat Jenderal ada!

Perjuangan untuk menghadiri pertemuan ini pun tidak biasa!

Ada yang sengaja mengajak putera dan puterinya walaupun susah payah naik kereta, ada yang dari Bogor pecah ban dulu sebelum lanjut kereta, hingga yang mengkhususkan hadir datang jauh dari Sorong, Papua! Dan lanjut sekembalinya demi rindu meluncur ke Cianjur, luar biasa!

Tak hanya nekad saling baca puisi, tapi juga berbagi pengalaman dan inspirasi, proses kreatif menulis hingga bedah buku mini, oh dan terima kasih buku-bukunya! Kalian semua luar biasa!
Terima kasih umumnya kepada seluruh warga KSK, dan khususnya yang hadir pada hari ini:

Pak Dedhi Suharto, Pak Undani, Mas Nugroho Putu Warsito, Mas Pringadi Surya, Mbak Edmalia Rohmani, Mbak Lila Saraswaty, Mbak Fitri Mayang Sari, juga adik Zufa dan Zufi... Semoga pertemuan di hari ini membekaskan kesan mendalam dan membakar semangat untuk berkarya lebih menggelora lagi! Barakallah wa jazakumullah khairan katsiraa... Sampai jumpa lagi! 💪😍👍 Tulisan DWH setelah kopdar perdana

#kemenkeumuda
#komunitassastrakemenkeu #kemenkeu
#kopidarat
#puisi #puisipendek #sajak #poetry #poem #word #words #inspirasi #puisisederhana #quote #quotes #kopi #coffee #inspirasikopi #barista #philosophykopi #bicarakopi

3💬

Kopi Joss pertama kali dipopulerkan oleh kedai “angkringan” Lek Man yang terletak di kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Pada tahun 1980-an awalnya Lek Man hanya berdagang angkringan saja, namun karena lokasinya yang dekat dengan stasiun kereta api, ia kerap kali dikunjungi oleh pegawai kereta api yang banyak berasal dari Jawa Timur. Mereka memesan kopi kothok khas Jawa Timur, yaitu biji kopi yang direbus bersama gula. Karena Lek Man tidak bisa membuat kopi khotok, akhirnya Lek Man mencampurkan arang yang masih membara kedalam kopi agar terlihat seperti direbus. Bunyi “joss” yang terdengar ketika bara dicelupkan ke dalam kopi menjadi cikal bakal nama Kopi Koss.
.
Kini resep Kopi Joss buatan Lek Man telah tersebar. Kopi Joss menjadi menu khas kedai angkringan di Yogyakarta. Kelanjutan resep legenda Lek Man diwariskan ke adiknya, Pak Aleks, yang sekaligus generasi kedua Kedai Angkringan Lek Man.
.
Kalo aja liburan kali ini pergi ke Jogja jam segini pas banget nih minum Kopi Joss! Teman-teman yang di Jogja punya minuman kopi khas lain atau tempat nongkrong favorite lain ga?
.
Foto: thecoffeeowlsociety.com
#kopikhasyogyakarta #kopijoss #kopipedia #bicarakopi

12💬

Senandung dari @fourtwntymusic ini pas banget untuk teman bersantai sobat kopi dilong-weekend ini.
Ada yang dapat hujan Imlek di kotanya?
#fanamerahjambu #fourtwnty #audiospectrum #bicarakopi

16💬